Tercepat di Dunia, Pilkades Purwakarta Masuk MURI

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jay Ajang Bramena.

VIVA.co.id - Pemilihan kepala desa di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, baru-baru ini masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). MURI menilai pelaksanaan pilkades itu tercepat, tak hanya di Indonesia melainkan juga dunia.

"Pilkades dilaksanakan di hari yang sama. Malamnya dilakukan pelantikan bagi pemenang pilkades terpilih. Ini tentu baru ada di Indonesia dan dunia, makanya Purwakarta memecahkan rekor tersebut," kata Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta, di Purwakarta, Jumat, 28 Agustus 2015.

Berdasarkan catatan MURI, sejak 2011 lalu, Purwakarta telah mencetak sembilan rekor. Purwakarta juga memiliki perkembangan yang pesat, setara dengan Kabupaten/Kota Bandung. Namun, dalam rekor MURI di Jabar, Purwakarta yang paling banyak membukukan rekor.

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, ingin membuat terobosan baru mengenai Pilkades. Dulu, pelaksanaan Pilkades rumit dan lama. Dari pencoblosan sampai pelantikan membutuhkan waktu sampai sebulan. Pelaksanaan yang lama itu membuat peluang konflik semakin panjang.

"Dengan cara memersingkat waktu, konflik bisa diminimalisasi. Mereka yang tidak puas dengan pemilihan, bisa mengajukan gugatan ke pengadilan," kata Dedi.

Purwakarta menggelar Pilkades di 87 Desa, di 16 kecamatan, Rabu 26 Agustus 2015. Secara teknis, sama dengan Pilpres dan Pilkada yaitu menggunakan sistem TPS.

Namun, setelah siangnya dilakukan pencoblosan, setiap calon kepala desa yang menjadi pemenang, malam harinya langsung dilantik. Selain itu, seluruh pembiayaan dalam Pilkades serentak tersebut juga ditanggung oleh pemerintah daerah.

"Semua biaya ditanggung Pemkab Purwakarta sekitar Rp15.000 per pemilih. Jumlah itu lebih rendah dari pelaksanaan pilkada yang mencapai Rp18.000 per pemilih," tutur Dedi. (one)

Punya Wisata Andalan, Purwakarta Targetkan 3 Juta Wisatawan

Laporan: Jay Ajang Bramena

Prajurit Kopassus kibarkan bendera merah putih.

Kopassus Catat Rekor MURI, Kibarkan Bendera Terbesar

Kopassus pecahkan rekor Muri kibarkan bendera terbesar.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2016