Uskup Agung Semarang Dimakamkan di Yogya

Uskup Agung Wafat, Ribuan Jemaat Padati Katedral Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id - Jenazah Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta, Uskup Agung Semarang, disemayamkan di Kapel Santo Paulus, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kader Disegani, Demokrat Kehilangan Sosok Gubernur Kepri

Jasad pemimpin umat Katolik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta itu akan dimakamkan di kompleks pemakaman Romo-romo Projo Seminari Tinggi Santo Paulus, Kentungan, Kabupaten Sleman, pada Jumat siang, 13 November 2015.
Tutup Usia, Gubernur Kepri Tak Sempat ke Istana

Kapel Santo Paulus telah dipadati umat Katolik dari Muntilan, Magelang, Klaten, dan DI Yogyakarta. Jemaat akan melakukan misa reqiuem sebelum mengantar jenazah Romo Pujo (sapaan akrab Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta) ke tempat peristirahatan terakhirnya. Ratusan karangan bunga memenuhi kompleks seminari.
Masyarakat Berduka Gubernur Kepri Tutup Usia

Tidak hanya umat Katolik, tetapi juga tokoh masyarakat, seperti mantan Wakil Bupati Sleman, Yuni Satya Rahayu, yang mendatangi Kapel Santo Paulus. Dia menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Romo Pujo.

Romo Pujo, kata Yuni, dikenal sebagai sosok pemimpin yang tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa, meski sakit kanker sudah diderita sejak 1,5 tahun lalu.

"Saya bertemu terakhir satu tahun lalu di Gereja Kalasan. Beliau sangat ramah dan care (peduli) dengan umatnya. Betul-betul memberikan contoh melayani dengan hati," kata Yuni.

Yuni menceritakan, saat bertemu, Romo Pujo sudah terlihat lelah, tapi masih memberikan senyum buat umatnya. Dia tak pernah membedakan umatnya yang mampu atau tidak secara ekonomi. Romo Pujo adalah teladan bagi masyarakat, terutama umat Katolik.

"Kita tahu semua, beliau saat itu capai, tampak di wajahnya. Tapi, senyumnya itu menampakkan umatnya. Itu adalah hal penting bagi beliau," kata Yuni.

Romo Pujasumarta wafat di Rumah Sakit Elisabeth Semarang pada Selasa tengah malam, 10 November 2015. Dia meninggal dunia setelah dirawat selama dua bulan di rumah sakit itu akibat kanker paru-paru stadium empat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya