Ribuan Penyapu Sampah DKI Dikerahkan untuk Malam Tahun Baru

92 Truk Sampah Baru DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang
- Suku Dinas Kebersihan (Sudinsih) Jakarta Utara menurunkan 1132 petugas kebersihan, untuk mengantisipasi penumpukan sampah yang berserakan di wilayah Jakarta Utara pada malam masuknya tahun 2016.

Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand
"Untuk persiapan menghadapi pergantian tahun, Sudinsih mengerahkan 1.132 pasukan oranye," kata Bondan Diah Ekowati, Kepala Suku Dinas Kebersihan (Kasudinsih) Jakarta Utara, Sabtu, 26 Desember 2015.

Dear Millenial, Modal Rp50 Ribu Sekarang Udah Bisa Traveling
Dia mengatakan, ribuan pasukan akan disebar di enam kecamatan, yakni Tanjung Priok, Koja, Penjaringan, Cilincing, Pademangan, dan Kelapa Gading.

"Selain petugas, kami juga mengerahkan 153 armada dengan kekuatan penuh. Sebanyak 153 armada itu, bertugas berkeliling untuk mengangkut sampah di mana terjadi penumpukan, atau di TPS (tempat pembuangan sampah) yang ada di Jakarta Utara," ujar Bondan.

Dia menuturkan, titik-titik mana saja yang dianggap rawan penumpukan sampah pada malam Tahun Baru nanti.

"Pengawasan hingga melakukan pengangkutan sampah dilakukan di beberapa titik rawan keramaian warga. Salah satunya, di fokuskan di Kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Di sana, daya tarik agar masyarakat berkunjung pasti ramai. Tak hanya Ancol, baik itu di Kawasan Kelapa Gading juga salah satau titik rawan kedua. Sebab di sana sarana kuliner banyak. Sisanya seperti di Jalan Benyamin Sueb, Waduk Pluit, Banjir Kanal Timur (BKT), Cilincing," jelasnya.

Bondan menambahkan, beberapa kendaraan bernama street sweaper atau street washer juga akan diturunkan guna membersihkan sampah pada malam Tahun Baru nanti. 

Kendaraan tersebut, tambahnya, adalah kendaraan yang bisa langsung membersihkan jalan protokol dari sampah yang melekat di jalan.

"12 kendaraan street sweaper atau street washer juga diturunkan untuk langsung mencuci jalan-jalan protokol dari sampah yang melekat di jalan Jakarta Utara. Saya akui, malam puncak pergantian Tahun Baru menjadi puncak banyaknya sampah menumpuk," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya