Tiga Anggota Din Minimi Masih Buron, Ini Identitasnya

Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka, Nurdin Ismail aias Din Minimi akhirnya turun gunung dan menyudahi perlawanannya. Din Minimi menyerah setelah diajak bernegosiasi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso.

Meski begitu, Din mengakui masih ada tiga anggotanya yang masih bergerilya di dalam hutan dan mengangkat senjata. Menurut Din, tiga anggotanya terpisah saat terjadi kontak senjata antara kelompoknya dengan pihak kepolisian, di Tangse, Pidie, beberapa waktu lalu.

"Benar tiga anggota saya sampai saat ini masih di hutan, ketiganya terpencar saat lima bulan lalu terjadi kontak tembak di Tangse, mulai pukul 07.00-14.00 Wib. Mereka sandinya adalah Belot, Gondrong, dan Anak Timur," kata Din saat ditemui di kediamannya, Jumat, 1 Januari 2016.

Din menuturkan, berdasarkan informasi masyarakat, pasca terjadinya kontak senjata di Tangse, Pidie, anggotanya yang bernama Gondrong terkena tembakan di bagian tangan. Namun, ketiganya diperkirakan masih hidup, tapi belum diketahui keberadaanya.

"Tetapi saya tetap bertanggung jawab, bahwa ketiga mereka tetap merupakan anggota saya," ujar Din.

Sebelumnya, Kepala BIN, Sutiyoso, mengatakan masih ada tiga anggota Din Minimi yang tidak mau menyerahkan diri dan masih melakukan pemberontakan.

Politisi Asal Aceh: Jokowi Jangan Obral Amnesti

"Perlu Anda ketahui, di antara kelompok Din Mini ini, ada tiga orang yang melepaskan diri, sudah berlangsung lama," ujar Sutiyoso, pada Konferensi Pers di Lhokseumawe, Aceh, 29 Desember 2015.

Menurut dia, Din Minimi sudah menyampaikan kepadanya bahwa ketiga orang tersebut tidak lagi berada di bawah tanggung jawab Din Minimi. Bahkan Din, kata Sutiyoso, mengaku sudah tidak bisa berkomunikasi lagi dengan tiga anggotanya yang telah memisahkan diri.

"Yang dikhawatirkan oleh Din Minimi adalah tiga orang yang masih bawa senjata ini lalu membuat kegiatan-kegiatan yang merugikan masyarakat dan mencemarkan nama mereka. Saya melalui media berharap, ketiga itu bergabunglah kepada yang lain (Din Minimi Cs) karena ini penyelesaian terbaik," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Luhut Kumpulkan Menteri Bahas Bom Thamrin dan Din Minimi

Pembahasan ini dilakukan di kantor Menkopolhukam.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2016