Pimpinan KPK Kunjungi Mabes Polri, Mau Eratkan Kerjasama

Jokowi Resmikan Gedung Baru KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Sejumlah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 menyambangi kantor kantor Markas Besar Polri, Senin, 4 Januari 2015.

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengungkapkan ini pertemuan pertama dengan pejabat baru KPK sejak dilantik pada Desember 2015 lalu.

"Betul, ini pertemuan pertama karena memang pemberantasan dan pencegahan  tindak pidana korupsi itu ada kerja sama dengan aparat penegak hukum, KPK, Polri dan Kejaksaan," kata Badrodin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurut dia, kerjasama dalam bidang penegakan hukum juga akan melibatkan dari unsur Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), dan para penggiat anti korupsi lainnya.

"Sehingga pelaksaan tugas pemberantasan korupsi berjalan efektif," katanya.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini menuturkan, bahwa tugas Polri dan lembaga antirasuah mempunyai tugas yang berbeda, bahkan kewenangan KPK lebih banyak dibandingkan dengan Polri.

"Kalau Polri sumber daya banyak tapi kewenangannya lebih sedikit dari KPK dalam hal pemberantasan korupsi. Karena KPK antara penyidik penuntut jadi satu. Kemudian, kewenangan penyadapan pun berbeda," lanjut dia.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menurut Badrodin, masalah perizinan perkara yang dilakukan oleh Polri juga berbeda penanganannya. Maka perlu ada kerjasama yang erat antara KPK, Kejaksaan dan Polri. (ren)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024