Densus Gerebek Rumah di Bandung, Temukan Bahan Peledak

Ilustrasi/Personel Densus 88 Antiteror
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

VIVA.co.id - Tim Detasemen Khusus Antiteror (Densus) 88 Mabes Polri bersama aparat Polda Jawa Barat, dan Polrestabes Bandung, melakukan penggerebekan terhadap sebuah rumah yang berada di Jalan Mengger Girang, RT10/RW8, Pasir Luyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Minggu 10 Januari 2016.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Sulistyo Pudjo, dalam penggerebekan tersebut, aparat kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti yang dibungkus dalam tas hitam dan koper.

"Barang bukti yang kami amankan berupa bahan peledak. Kepolisian masih akan terus selidiki, apakah bahan peledak yang digunakan di antaranya cocok dengan teror bom di malam pergantian tahun di Bandung," ujar dia saat diwawancarai tvOne.

Setidaknya, ada tiga terduga teroris yang berhasil ditangkap dalam rangkaian penggerebekan di tiga lokasi, Koja, Jakarta Utara; Ciwidei; dan Cimaung. Ketiganya, ditangkap di lokasi yang berbeda.

Sulistyo mengungkapkan rumah yang digerebek tim Densus 88 merupakan kediaman MAS. Rumah itu diketahui sudah ditinggali selama lima tahun. Sementara pekerjaannya, selama ini MAS memang mengais rezeki di Jakarta.

Terkait para pelaku yang disebut merupakan bagian dari kelompok Solo, Pudjo menyatakan hal itu sesuai dengan informasi yang sudah diperoleh tim kepolisian. Terlebih, aksinya mirip dengan teror bom di Bekasi.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Kita pakai strategi induktif dan deduktif. Penentuannya bisa kita lihat dari teori asal TKP, nantinya juga akan kita pakai untuk pembuktian di persidangan. Selain itu, bisa pula dilihat dari kecenderungan kelompok-kelompok mana yang melakukan kekacauan. Kan aksinya mirip-mirip," kata dia.

Sementara itu, tetangga korban, Ibnu, menyatakan, jika penghuni yang rumahnya digerebek aparat kepolisian memang terkenal tertutup dengan warga. Meski dirinya tinggal tak dekat dengan rumah pelaku, namun dirinya kerap mendengar sikap tertutup mereka dari tetangga lainnya.

"Saya tidak pernah tegur sapa. Kalau dari penampilannya tak ada yang aneh, biasa saja. Setahu saya mereka memang bekerja di Jakarta," ujar dia. (ren)

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024