Polisi Periksa Dokter Rica di Tempat Rahasia

Korban aliran sesat Gafatar di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id - Rica Tri Handayani, yang dilaporkan hilang oleh suaminya dan kini telah ditemukan karena bergabung dalam Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), menjalani pemeriksaan polisi pada Jumat 15 Januari 2016.

Istri dari dokter Aditya ini diperiksa di sebuah tempat yang dirahasiakan lantaran kondisi psikologisnya belum memungkinkan. "Hari ini kita periksa dan tidak ada halangan dan telah dicatat dalam berkas acara pemeriksaan (BAP)," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Yogyakarta, Kombes Pol Hudit Wahyudi, Jumat, 15 Januari 2016.

Hudit juga memastikan pemeriksaan terhadap pasangan suami-istri Eko Purnomo dan Veni Orinanda yang disangkakan menculik dokter Rica akan terus berlanjut. Namun sementara hanya Veni yang diperiksa untuk dimintai keterangan tambahan. “Veni akan dilakukan pemeriksaan tambahan karena masih ada yang harus disinkronkan dan digali lagi,” katanya menambahkan.

Korban Lain Ditemukan

Definisi 'Makar' Tidak Jelas, Pemerintah Salah Kaprah

Setelah dokter Rica dan anaknya ditemukan. Kini sejumlah orang yang sebelumnya dilaporkan hilang kini mulai terkuak keberadaanya. "Sudah diidentifikasi orang yang dilaporkan hilang ke kami. Alhamdullilah tinggal penjemputan. Tidak jauh dari lokasi ditemukannya dr Rica. Untuk Diah Ayu dan Kevin juga sudah terdeteksi tapi masih di sekitar-sekitar itu juga,” katanya.

Hingga kemarin, belum ada tambahan tersangka terkait hilangnya dr Rica. Polisi masih menetapkan saudara sepupu Rica, Eko-Veni sebagai tersangka yang dijerat dengan pasal 328 KUHP tentang penculikan dan 332 ayat 2 KUHP  tentang melarikan seorang perempuan. Keduanya pun sudah mengakui kalau mereka anggota ormas Gafatar. 

“Belum ada yang ditangkap lagi termasuk orang-orang Gafatar lainnya. Kedua tersangka juga keterangannya selalu berubah-ubah,” tambah Kapolda Yogyakarta Brigjen Pol Erwin Triwanto.

(mus)

Kasus Gafatar, Polisi Sudah Periksa 50 Saksi
Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul

Polisi Segera Limpahkan Berkas Kasus Gafatar

Penyidik masih melengkapi berkas penyidikan tiga petinggi Gafatar.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016