Polda Jatim Kirim 3 Terduga ISIS ke Mabes Polri

Kelompok ekstremis ISIS.
Sumber :
  • thedailybeast.com

VIVA.co.id - Tiga warga negara Indonesia yang dideportasi dari Turki diantarkan ke Mabes Polri Jakarta oleh Polda Jawa Timur. Tiga orang tersebut adalah AA (50), MR (14) dan FS (51) yang diketahui masih satu keluarga.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

"Dibawa Densus 88 ke Jakarta, pagi sehari setelah kita terima deportasinya dari Turki," kata Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Polilisi Anton Setiadji di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat 15 Januari 2016.

Sebelumnya diketahui sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) pergi ke Turki dan diduga akan menyeberang ke Suriah. Kementerian Luar Negeri dan Kepolisian kemudian berkoordinasi dengan Otoritas Turki untuk penahanan dan pemulangan sejumlah  WNI tersebut.

Sempat berada di Surabaya, tiga orang yang dideportasi dari Turki kemudian dikirim ke Mabes Polri setelah terjadi ledakan bom bunuh diri di Sarinah, Jakarta yang diduga dilakukan oleh Jaringan Daulat Islamiyah (ISIS) tersebut.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

"Kita hanya diminta bantuan, yang ngurus Densus 88," kata Anton.

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi RP Argo Yuwono menjelaskan bahwa tiga WNI tersebut berangkat ke Istanbul, Turki pada Oktober 2015. Mereka lalu diamankan pihak berwenang karena diduga kedatangannya terkait dengan jaringan ISIS.

"Mereka mengaku ke Turki hanya berpesiar. Soal terlibat ISIS masih diselidiki," kata Argo.

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024