Kedubes AS Dorong Polri Makin Gencar Lindungi Satwa Langka

Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeter, mendukung makin gencarnya perlindungan satwa langka di Indonesia. Apalagi menurut dia, hal tersebut kini menjadi perhatian Kepolisian.

"Supaya masalah ini dilihat sebagai masalah internasional," kata McFeeter di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Februari 2016.

Habitat dan hewan langka, kata dia, adalah masalah bersama. Oleh karena itu dia mengajak Kepolisian dan para aktivis lingkungan dan perlindungan hewan tak berhenti melakukan langkah antisipasi perburuan liar satwa langka selama ini.

McFeeter menambahkan, perihal tersebut pula sudah pernah disampaikannya dalam salah satu Forum ASEAN. Perlindungan hewan langka diharapkan menjadi isu penting di Kawasan Asia Tenggara.

"Kami berharap bisa bekerja sama dengan instansi di sini bersama Kepolisian melindungi habitat dan hewan di Indonesia karena ini untuk kepentingan dunia," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepolisian menangkap pelaku perdagangan satwa langka dan menyita sejumlah barang bukti antara lain kulit harimau, kerapas penyu, kulit buaya, tulang dan taring harimau. Barang sitaan itu kemudian dimusnahkan jajaran Penyidik Bareskrim Polri yang disaksikan sejumlah LSM dan pihak terkait.

Direktur Reserse Kriminal Khusus dari Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mudjiono, sebelumnya mengatakan bahwa penjualan satwa langka merupakan kejahatan terbesar kedua di dunia.

"Penjualan satwa langka merupakan kejahatan kedua terbesar di dunia, setelah kejahatan narkoba," kata Mudjiono beberapa waktu yang lalu. (ren)
 

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia
Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022