Buaya Berukuran Besar Gegerkan Warga Banyumas

Buaya Ganas di Tangerang
Sumber :
  • Capture TvOne

VIVA.co.id - Warga Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpyuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, resah dengan munculnya buaya berukuran besar di sungai Gatel, sejak sekitar dua pekan lalu. Hingga kini, buaya itu masih menampakkan diri di permukaan air bahkan di tepi sungai.

Penampakan buaya itu mengundang rasa penasaran warga. Saban hari, banyak warga berkumpul di tepi sungai tersebut untuk melihat buaya tersebut.

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Sungai Gatel merupakan pertemuan sejumlah anak sungai menuju ke muara Pantai Selatan Jawa. Airnya tenang dan berlumpur. Sejak 1970-an, sungai ini tidak lagi menjadi habitat buaya.

Untuk menghindari jatuh korban, warga setempat memasang plang peringatan berbahaya di tepi sungai.

Melihat bentuk dan ukuran buaya, menurut warga Desa Nusadadi Rusito, diperkirakan buaya tersebut jenis buaya muara. Biasanya, buaya muncul ke permukaan saat cuaca cerah dan sinar matahari terik. Bahkan, dia pernah menjumpai buaya tengah berjemur di daratan. "Diperkirakan ada tiga atau empat ekor buaya di sungai ini," ujarnya, Rabu, 3 Februari 2016.

Sejauh ini, belum ada laporan serangan buaya terhadap manusia maupun hewan ternak. Namun warga khawatir jika makanan di sungai habis, buaya bakal mencari makan ke daratan.

Laporan: Sonik Jatmiko

Dikejar Buaya, Pria Ini Terisolasi di Pulau Terpencil
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016