Buaya Muncul di Banyumas, Diduga Migrasi dari Kebumen

Buaya Ganas di Tangerang
Sumber :
  • Capture TvOne

VIVA.co.id - Petugas Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah melakukan pengecekan ke lokasi munculnya buaya di sungai Gatel, Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpyuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Petugas menduga ada sekitar empat ekor buaya di sungai itu. Buaya tersebut diduga berasal dari sungai Teba di Candirenggo, Kabupaten Kebumen, yang berjarak sekitar 3,8 kilometer (km) dari sungai Gatel.

Mencari Tahu di Desa Kalisari Banyumas

"Migrasi ini kemungkinan karena jumlah pakan di sungai Teba sudah menipis," ujar Petugas BKSDA Jawa Tengah Rahmat Hidayat, Kamis, 4 Februari 2016.

BKSDA, kata Rahmat, akan mengkaji apakah buaya itu perlu dievakuasi. Kondisi itu akan menjadi wewenang gubernur karena buaya masuk dalam satwa dilindungi.

Masyarakat diminta berhati-hati dan mengurangi aktivitas di tepi sungai, terutama tempat yang sering menjadi lokasi buaya berjemur. "Buaya muara memiliki sifat dasar menyerang terutama jika ketersediaan pakan sedikit," kata Rahmat.

Pada 1970-an, sungai Gatel merupakan tempat habitat buaya. Namun kemudian menghilang sehingga kemunculan empat buaya saat ini menarik perhatian warga. (ren)

Laporan: Sonik Jatmiko

Malang, Impala Ini Dikejar Anjing Liar, Kuda Nil dan Buaya
Buaya besar.

Dikejar Buaya, Pria Ini Terisolasi di Pulau Terpencil

Ia terdampar di sana selama empat hari.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016