Wapres JK Usul Aparatur Negara Perlu Disertifikasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Menpan RB Masih Pertimbangkan Wacana Moratorium PNS
- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan aparatur sipil negara bisa berkembang sesuai perkembangan waktu, dan selalu menjaga sikap profesional, serta memenuhi standar. Maka, Wapres usulkan perlunya sertifikasi untuk menghasilkan aparat yang profesional.

Nasib Rasionalisasi 1 Juta PNS di Tangan Menpan RB Baru

"Aparatur bagian dari mempersatukan bangsa. Supaya kita persatukan bangsa ini, untuk itu perlu ada pelatihan berjenjang secara nasional," kata JK dalam acara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat I Angkatan XXXII dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Diklat Pemerintah Tahun 2016 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 10 Februari 2016.
Wagub Djarot: Gaji Tinggi Bukan Jaminan PNS Tidak Korupsi

Ia melanjutkan, aparatur yang akan mendapatkan promosi jabatan fungsional dan struktural harus memiliki keahlian, sehingga diperlukan sertifikasi. Ia mencontohkan, ketika ada bupati yang akan dipindahkan ke dinas perhubungan, maka bupati itu harus melewati proses pelatihan mengenai perhubungan dan memiliki sertifikat.

"Kita ingin profesionalisme. Maka semua harus dipersiapkan, harus sertifikasi. Tidak boleh asal pindah. Semua harus punya standar yang memenuhi," kata JK.

Menurut JK, standar bagi aparatur sipil negara juga diharapkan bisa terus berkembang ke depannya sesuai berjalannya waktu, sehingga selalu ada perbaikan sistem yang harus dicapai. 

"Kepala perdagangan harus terus mengetahui perkembangan pasar. Bukan hanya pasar, tapi juga harus tahu e-commerce," ujar JK. 

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya