Helikopter Baru Basarnas Bisa Cari Korban Malam Hari

Helikopter baru Basarnas
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) memperkenalkan helikopter terbaru yaitu AgustaWestland SAR AW139 yang dirakit oleh Indopelita Air Services di lapangan terbang Pondok Cabe, Tangerang selatan, Senin, 22 Februari 2012.

Helikopter ini merupakan jenis baru yang digunakan untuk search and rescue di Indonesia. Heli ini juga diyakini mampu lebih maksimal dalam melakukan search and rescue di wilayah Indonesia dibandingkan pesawat-pesawat lain milik Basarnas.

Selain hemat bahan bakar, keunggulan yang dimiliki heli pabrikan Italia-Inggris tersebut adalah mampu melakukan pencarian di malam hari dengan memakai kamera infrared yang terdapat di hidung heli serta dapat menampung 5 tandu atau 15 penumpang di dalam heli.

Komponen dan perlengkapan helikopter ini juga telah dikonfigurasi untuk keperluan search and rescue yang semuanya dirakit dan diuji di fasilitas Indopelita.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo, mengatakan pembelian helikopter AgustaWestland SAR AW139 merupakan salah satu komitmen Basarnas dalam rangka meningkatkan pelayanan SAR kepada masyarakat.

Anggota DPR: Keselamatan Penerbangan Belum Maksimal

"Basarnas terus berkomitmen untuk melaksanakan operasi SAR yang efektif, efisien, cepat, andal, dan aman," kata Bambang Soelistyo beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, Basarnas membutuhkan helikopter AW139 karena kebutuhan operasi penyelamatan yang semakin meningkat, terutama untuk operasi SAR di medan atau di daerah yang sulit dijangkau.

Dengan adanya helikopter AW139, kekuatan dan kemampuan Basarnas dalam melaksanakan operasi akan semakin meningkat.

"Seiring dengan kebutuhan yang meningkat untuk operasi SAR di medan atau daerah yang sulit dijangkau, maka Basarnas menambah sarana SAR udara untuk mengatasinya," ujar Bambang.

Helikopter AW139 dapat dipergunakan untuk operasi SAR di wilayah pegunungan dengan ketinggian di atas 11.000 feet. "Dengan adanya helikopter AW139, kekuatan dan kemampuan Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR semakin meningkat, sehingga pelayanan SAR kepada masyarakat semakin maksimal," ujar Bambang.

Sekadar informasi, AW139 merupakan helikopter menengah bermesin ganda yang dilengkapi: rescue hoist, radar, console, serta peralatan SAR lainnya. Helikopter AW139 memiliki bentuk yang besar, dengan kabin serbaguna yang dapat dikonfigurasi dalam berbagai layout, dengan akomodasi untuk operasi FLIR station, perawatan medis, dan persyaratan evakuasi korban.

Mereka yang Berburu Hingga ke Ujung Rimba

Helikopter baru Basarnas

(ase)

Helikopter Kodam Sisir Pulau Sangalaki Cari 4 Turis Asing

Mahfudz: Presiden Tak Perlu Beli Helikopter dari Negara Lain

Presiden akan menggunakan helikopter baru pertengahan tahun depan

img_title
VIVA.co.id
23 November 2015