Mengais Rupiah dari Beternak Ular Piton

Wanto Goweng, peternak Ular Piton di Kebumen, Jawa Tengah.
Sumber :
  • tvOne/Wahyu Kurniawan

VIVA.co.id - Bagi sebagian besar orang, ular dianggap sebagai hewan menakutkan dan menggelikan. Namun anggapan itu sepertinya tidak berlaku bagi Wanto Goweng. Pria asal Kebumen, Jawa Tengah ini justru memiliki hobi unik, beternak ular.

Wanto menyalurkan hobinya dengan beternak ular Piton. Saat ini koleksi ular yang dikenal jenis mematikan ini sudah berjumlah puluhan. Wanto bahkan bisa meraup uang jutaan rupiah setiap bulannya dari hasil menjual Piton.
 
Pria asal Desa Kaliputih, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen ini mengakui beternak ular merupakan hobinya sejak kecil. Ular Piton yang dia ternak mulai dari masih bibit ular hingga beratnya mencapai 500 kilogram hingga 1 kwintal dengan panjang 10 meter.

Tak jarang para komunitas hewan melata yang berasal dari berbagai daerah datang ke rumah Wanto untuk berdiskusi tentang cara merawat ular, dan ada juga yang datang untuk membeli bibit anakan Ular Piton yang dia ternak.

Untuk satu bibit anakan Ular Piton, Wanto menjualnya mulai dari Rp400 ribu hingga Rp500 ribu per ekor. Sejauh ini, Wanto telah menjual bibit anakan Ular Piton sebanyak 20 ekor.

Wanto memulai ternak ular pada tahun 1995 dengan cara otodidak. Caranya, dengan mengawinkan ular piaraannya terlebih dulu. Setelah ular betina terlihat akan bertelur, maka dipisahkan dengan ular lainnya agar masa peneluran tidak terganggu dengan ular lainnya.

Setelah bertelur, kemudian telur-telur ular dibiarkan menetas dengan sendirinya. Untuk masa penetasan, Wanto harus menunggu selama tiga hingga empat bulan lamanya.

Salah seorang pecinta hewan melata, Veronika mengaku sengaja tidak membeli ular-ular yang dijual oleh para pemburu liar yang ada di pasaran. Selain tidak jinak, hal ini dilakukan sebagai bentuk ikut serta menjaga keberadaan ular agar tidak punah.

"Kalau ular-ular yang dijual (pemburu) itu kan liar, kalau disini jinak," kata Veronika, Selasa, 23

Wanto mengakui dengan beternak ular, selain peduli terhadap lingkungan, juga menjaga agar hewan-hewan tersebut tidak punah. Wanto juga sering mengeluarkan ular piaraannya ke alam bebas. Sampai detik ini, Wanto telah memiliki koleksi Ular Piton sebanyak 20 ular indukan.

Ikan Unik di Minahasa Diincar Orang Asing

Ternak Ular Piton

Wahyu Kurniawan/tvOne Kebumen-Jawa Tengah

Ular Piton 5,5 Meter Melintas, Jalanan Jadi Macet
Jambret di Palembang babak belur dihajar massa, Rabu (10/8/2016)

Dijambret, Nenek 70 Tahun Tangkap Sendiri Pelakunya

Saat dijambret, nenek Fauziah refleks menggigit tangan pelaku.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016