Tiga Korban Longsor Cianjur Ditemukan Tewas

Evakuasi korban longsor yang menimpa bangunan hotel di Cianjur, Jawa Barat
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id - Tiga korban yang tertimbun tanah longsor dan material bangunan di Hotel Club Bali, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ditemukan tim SAR gabungan sudah meninggal dunia, Kamis, 10 Maret 2016. 

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
Ketiga korban ini adalah Budi Tanuadi Supena (52) dan istrinya Merianawati (52) asal Bandung. Serta Bun Susanto (35) asal Jakarta.
 
Longsor Terjang Ratusan Rumah di Maluku
"Korban terhimpit betul-betul, dan tim SAR datang sudah tidak bisa berkomunikasi," jelas Kepala SAR Jakarta, Sutrisno, dalam perbincangan dengan tvOne di lokasi.
 
Detik-detik Mengerikan Longsor Condet
Hal ini berbeda dengan saat tim SAR berhasil menyelamatkan Natasya (7) dan Dewi (17) dari reruntuhan kemarin, Rabu, 9 Maret 2016. "Kalau kita lihat gedung runtuh, pasti terjadi korban terjepit. Cuma kedua orang itu kedapatan masih longgar, masih bisa diselamatkan," ujar Sutrisno.
 
Selain itu, tim SAR gabungan juga mengalami kendala untuk mengevakuasi ketiga korban ini, karena kondisi tanah labil di kawasan itu. Mereka khawatir, tindakan penyelamatan justru membuat tanah kembali longsor.
 
"Kami berusaha untuk mengangkat puing itu. Kami juga khawatir dengan banyaknya puing yang kita angkat, di bagian belakang itu bisa longsor, kami berhati-hati mengangkat puing," jelasnya.
 
Sementara itu, Wakil Kepala Detasemen Brimob Polda Jawa Barat, Kompol Satimin, menjelaskan korban Bun Suanto ditemukan telungkup dalam kamar di lantai dasar.
 
Menurutnya, Bun Susanto merupakan ayah dari korban Natasya. Saat peristiwa ini, dia sempat melindungi Natasya agar tidak tertimpa runtuhan puing bangunan hotel.
 
Saat ini, jenazah ketiga korban ini langsung dibawa ke Rumah Sakit Cimacan untuk dilakukan visum. (ase)
 
Laporan: Deni Hendra
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya