Kemdikbud: Kunci Jawaban UN yang Beredar Palsu

Sejumlah siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta semua peserta Ujian Nasional (UN) tidak mudah percaya dengan beredarnya kunci jawaban soal UN.

Ujian Sekolah untuk SD Mulai Digelar Hari Ini

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Daryanto, menegaskan jika ada kunci jawaban beredar di masyarakat, maka dokumen itu bisa dipastikan palsu.

"Yang beredar sekarang palsu semua. Itu bahaya untuk anak-anak sekolah, dan membuat keuntungan pihak tertentu," ujar Daryanto di saat menggelar inspeksi ke SMAN 70 Jakarta, Senin 4 April 2016.

DPR Ingatkan Siswa Junjung Kejujuran Saat Ujian Nasional

Daryanto juga mengatakan, pihaknya akan menindak tegas jika ada oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba mengambil keuntungan dengan menyebar kunci jawaban UN palsu.

"Ada peristiwa (sebelumnya) dan sudah diproses (hukum), anaknya juga ada hukuman. Sekarang hanya ada sensasinya," ujarnya.

Pelajar SMP ini Kerjakan Soal Ujian Nasional di Ambulans

Selain itu, terkait isu adanya peretas yang membobol server Kementerian Pendidikan terkait naskah UN, Daryanto menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan tim pencegahnya.

"Saya punya tim hacker (peretas) putih. Banyak yang mencoba membobol. Tim banyak. Mengawasi seluruh nasional, orangnya disebar," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

Ahok: Siswa SD di Jakarta Lebih Beruntung daripada Daerah

Gubernur DKI Jakarta meninjau pelaksanaan UN SD pagi tadi.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2016