Gagal Login Soal, UN di Yogyakarta Ditunda 8 Jam

Ilustrasi/Penggunaan ujian berbasis komputer untuk ujian nasional di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada hari pertama, Senin 4 April 2016, di Kota Yogyakarta, berjalan tidak sesuai harapan. Satu kelas yang melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Yogyakarta, terpaksa harus ditunda selama delapan jam, karena siswa peserta UN kesulitan memasukan kode identifikasi pengguna komputer.

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

"Seharusnya gelombang pertama UNBK dimulai pukul 07.30 WIB, namun karena kesulitan login akhirnya minta ke Kementerian Pendidikan untuk diundur pelaksanaannya pada gelombang ke empat yaitu pukul 16.00 WIB," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana.

Menurutnya, di SMKN I Yogyakarta terdapat tiga ruang pelaksanaan UNBK yang digunakan untuk tiga gelombang. Saat gelombang pertama memulai pada hari pertama UNBK, ternyata ada satu kelas yang kesulitan memasukan kode identifikasi mereka.

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

"Sampai saat ini kita belum dapat jawaban dari kementerian kenapa sulit login," ujarnya.

Meski begitu, kesulitan serupa tidak dialami siswa yang mengikuti UNBK di gelombang 2 dan 3. Proses UNBK mereka berjalan lancar semuanya.

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Edy memastikan, meski jadwal UNBK untuk 32 siswa ini diundur menjadi gelombang keempat, mereka tidak akan bisa mendapatkan jawaban dari para siswa yang mengikuti gelombang sebelumnya.

"Untuk kebocoran tidak ada, soal berbeda satu sama lain jadi aman meski mundur," katanya.

Pelaksanaan UN rencananya akan digelar hingga Kamis 7 April 2016 mendatang. UN tingkat SMA di Kota Yogyakarta diikuti 6.496 siswa dan SMK sebanyak 5.186 siswa. Sementara jumlah sekolah yang menggelar UNBK ada 24 SMA dan 27 SMK. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya