Simak, Hal Penting untuk Ikut SBMPTN 2016

Ilustrasi/Peserta SBMPTN
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Terhitung kemarin, Senin 25 April 2016, pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2016 (SBMPTN) resmi dibuka.

Ikut SBMPTN? Cek Pengumumannya di Sini

Mengutip dari laman SBMPTN 2016, kegiatan ini akan melibatkan 98 perguruan tinggi se-Indonesia negeri sebagai penyelenggara dan memperkenankan seluruh lulusan satuan pendidikan tingkat sekolah menengah atas dalam negeri atau luar negeri, penerima paket C atau pemilik ijazah penyetaraan kemendikbud dari tahun 2014, 2015 atau 2016.

Seperti tahun lalu, SBMPTN 2016 kali ini akan Ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Selain mengikuti ujian tertulis (PBT atau CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Untuk persyaratan, peserta SBMPTN 2016, diharuskan sudah memiliki ijazah atau sekurangnya surat keterangan lulus untuk mereka yang lulus pada tahun 2016. Sekurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap yang sah.

Pendaftaran akan dilakukan secara online lewat laman resmi SBMPTN 2016 di  http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Dimulai dari 25 April 2016 hingga 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Setiap peserta SBMPTN 2016 akan melewati ujian berupa ujian tertulis yang terdiri atas Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Dan tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sementara untuk peserta SBMPTN 2016 yang mengikuti ujian keterampilan akan menjalani Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait. Dan ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.

Setiap peserta SBMPTN 2016 dapat memilih program studi sebanyaknya tiga pilihan. Dengan ketentuan, pertama jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Kedua, jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Dan ketiga, jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

Sedangkan untuk biaya, seluruh peserta SBMPTN 2016, harus menanggung biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu dan harus dibayarkan melalui bank yang sudah ditunjuk panitia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya