Orangutan Dewasa Ditemukan Tewas di Sungai

Jasad orangutan ditemukan terapung dalam kondisi membusuk.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Centre of Orangutan Protection

VIVA.co.id – Seekor orangutan (Pongo pygamaeus) dewasa ditemukan tewas membusuk di Sungai Sangatta Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, Minggu 1 Mei 2016.

KPK Sita Uang dan Dokumen Proyek Terkait Suap Bupati Kutai Timur

Dalam laporan yang dirilis Centre of Orangutan Protection (COP), satwa dilindungi yang kini sudah terancam punah itu ditemukan terapung sekira pukul 10.50 waktu setempat.

"Kita lihat nanti apakah penyebab kematiannya. Disengaja, hanyut, atau dia tenggelam," kata Kasat Reskrim Polres Kutai Timur AKP Andika Dharma Sena.

Terciduk KPK dalam OTT, Ini Harta Bupati Kutai Timur

Saat ini, jasad orangutan malang tersebut telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga Kalimantan Timur. Ia akan menjalani pemeriksaan awal untuk mengetahui penyebab kematian. "Semua saksi juga akan diambil keterangannya," kata Sena.

Baca Juga:

KPK Tangkap Kepala Daerah dan Beberapa Orang di Kalimantan Timur

Orangutan merupakan hewan langka yang kini tersisa di Sumatera dan Kalimantan. Hewan ini memiliki DNA hampir mirip dengan manusia.

Ciri fisiknya bertubuh besar, leher kokoh, lengan panjang dan kuat serta berkaki pendek. Tubuh orangutan diselimuti rambut merah kecokelatan dan memiliki berat antara 50-90 kilogram.

Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia / KPK RI

Bupati Kutim Ismunandar Segera Diadili Terkait Kasus Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan Bupati Kutai Timur Ismunandar.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020