10 WNA dan Lima WNI Masuk Daftar Eksekusi Mati Tahap III

Ilustrasi/Pengamanan militer di Lapas Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah
Sumber :
  • REUTERS / Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Jawa Tengah membeberkan 15 terpidana mati yang segera dieksekusi oleh regu tembak di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, dalam waktu dekat ini. Dari seluruh terpidana, 10 orang adalah warga negara asing (WNA) dan lima warga negara Indonesia (WNI).

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Liliek Darmanto, menyebutkan 10 WNA yang siap dieksekusi masing-masing, 1 WNI Pakista, 4 WNA asal Cina, 1 Zimbabwe, 2 Senegal serta 2 WNA asal Nigeria.

"Sedangkan 5 WNI, masing-masing 1 perempuan dan 4 laki-laki," kata Liliek di Markas Besar Polda Jawa Tengah, Semarang, Selasa, 10 Mei 2016.

Liliek membeberkan, seluruh terpidana mati yang masuk daftar tersebut adalah para terpidana yang tersangkut kasus narkoba. Namun, siapa saja 10 WNA dan 5 WNI yang masuh daftar eksekusi mati tersebut, Liliek enggan memberi penjelasan. Nama-nama tersebut nantinya akan diumumkan secara resmi oleh Kejaksaan Agung.

Menurut Liliek, Polda Jateng sudah siap kapan pun eksekusi mati terhadap 15 terpidana mati tersebut dilakukan. Mereka dipastikan akan berhadapan dengan 150 tim penembak dari Brimob Polda Jateng di Lapangan Tembak Limus Buntu, Nusakambangan.

"Tim eksekutor tinggal diluncurkan saja (ke Nusakambangan). Kami, tim eksekutor sudah dilatih berhari-hari agar pelaksanaan agar aman," jelas Liliek.

Data yang dihimpun VIVA co.id, jumlah WNA yang diketahui masuk dalam antrean eksekusi mati di Indonesia cukup banyak. Berikut sejumlah nama WNA terpidana narkoba yang telah divonis mati.

Ozias Sibanda, Federik Luttar, Okonwo Nonso Kingsley, Humphrey Ejike, Ek Fere Dike Ole Kamala, Michael Titus Igweh, Eugene Ape, Obina Nwajagu, Stephen Rasheed, Ken Michael, Jhon Sebastian,  Gurdip Singh, Zulfikar Ali, Kamjai Khong, Bunyong Khaosa, Emmanuel Iherjika.

7 Pria Dieksekusi oleh Arab Saudi Gegara Tuduhan 2 Hal Mengerikan

Kemudian ada Tham Tuck Yen, Lim Jit Wee, Leong Kim Ping, Tan Cho Hee, Lee Cee Heen, E Wee Hock, Kweh Teik Choon, Zhang Manquan, Chen Hongxin, Jian Yuxin, Gan Chunyi, Zhu Xuxiong, Nicolaas Garnick, Siegfried Mets, Frank Amando, Gareth Done Cashmore, Lindsay June Sandifor, Akbar Chakan, dan Seck Osmone.

(ase)

Taliban Kembali Eksekusi Mati Terpidana di Publik, Kali Ini di Stadion dan Disaksikan Ribuan Warga
Burkina Faso

Pemberontak Burkina Faso Eksekusi Mati 170 Orang, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Sekitar 170 orang termasuk perempuan dan anak-anak telah “dieksekusi mati” dalam serangan di tiga desa di Burkina Faso, kata jaksa penuntut umum. Jaksa Ouahigouya Aly Ben

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024