Mendikbud: Orang Tua Berperan Cegah Kejahatan Seksual Anak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan (pakai rompi)
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengatakan perhatian yang besar dari orang tua terhadap anak merupakan faktor penting dalam mencegah kejahatan seksual. Sebab, menurut dia, sikap tersebut justru jarang dilakukan, terutama dalam mendeteksi adanya persoalan yang dihadapi anak.

Perkosa Pacar Sambil Merekam Buat Mengancam, Seorang Pemuda Dicokok Polisi
Pernyataan Anies ini terkait soal banyaknya kekerasan seksual yang justru datang dari kalangan anak. Menurut dia, pendidikan yang ada saat ini belum mampu membuat generasi muda berperilaku sesuai dengan norma yang diajarkan.
 
Perkosa Gadis dan Rekam Aksi Asusilanya, Pemuda di Merangin Masuk Bui
"Sering orang tua tidak melihat potensi masalah yang muncul pada anak hingga berujung pada kekerasan (seksual)," ujar Anis dalam diskusi “Save Our Sisters” di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat malam, 13 Mei 2016.
 
Biadab, Turis Spanyol Diperkosa 7 Orang Pria Sekaligus saat Bersepeda di India
Lebih lanjut, Anies mengatakan, potensi masalah yang dihadapi anak tersebut perlu diketahui orang tua. Bila baik, maka dikembangkan sesuai dengan minatnya. Tapi, bila tidak diatasi akan menimbulkan hal yang negatif.
 
Selain itu, perlu adanya kebiasaan menghormati perempuan yang perlu diajarkan kepada anak-anak dari orang tua. Itu karena hal tersebut tak diajarkan sepenuhnya di sekolah.
 
"Sikap menghormati, menghargai tak diajarkan secara eksplisit, jadi perlu dibiasakan sejak di rumah maupun di sekolah. Kalau sekolah ya guru, kalau di rumah ya orangtua," kata Anies.
 
(ren)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya