Jokowi Persilakan Swasta Bangun Infrastruktur di Indonesia

Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta
Sumber :
  • Edi/Biro Pers-Setpres

VIVA.co.id – Banyak pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat meresmikan acara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di BNDCC, Bali, Sabtu, 14 Mei 2016.

Munas Golkar Diharapkan Jangan Terjebak soal Perebutan Ketum

Tak hanya memuji Partai Golkar yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, dalam sambutannya, Jokowi juga mengingatkan bahwa pemerintah tidak bisa sendirian untuk membahagiakan rakyat. Butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk partai politik.

Kini, kata Jokowi, untuk membahagiakan dan mempersatukan bangsa, pemerintah tengah melakukan perbaikan-perbaikan di seluruh sektor.

Nusron Wahid Sebut Sudah Muncul 4 Caketum, Munas Tak Akan Aklamasi

"Kita sekarang sedang membangun infrastruktur, kenapa harus dibangun airport. Kenapa di Wamena harus diperbaiki runway-nya, termasuk di airport-airport kecil. Kenapa? Ini karena dengan infrastruktur kita mempersatukan bangsa," ujar Jokowi.

Tak hanya bandara, pemerintahan Jokowi saat ini juga tengah sibuk menyempurnakan pembangunan jalur kereta dan sejumlah ruas jalan tol. Semua kegiatan proyek tersebut sudah dimulai. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyatukan negara.

Aziz Syamsudin: Munas Kalau Enggak Kompetisi Ya Musyawarah Mufakat

"Rakyat kita banyak, ini untuk menyatukan negara kita di 34 provinsi," ujar Jokowi.

Untuk mempercepat pekerjaan infrastruktur ini, Jokowi pun mempersilakan pihak swasta untuk membantu. Namun, tak menutup kemungkinan juga bagi BUMN yang ingin ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Dua pertiga bagian dari Indonesia adalah air, lautan. Oleh sebab itu, kita juga konsentrasi ke sana, menyambungkan pelabuhan-pelabuhan kecil, yang sedang. Kalau bisa dikerjakan dengan swasta, silakan. Kalau enggak, bisa BUMN. Kalau enggak bisa pakai APBN. Segera kerjakan, segera eksekusi," tuturnya. (ase)

Baca Juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya