Publik Dukung Pemerintah Mengkebiri Penjahat Seksual

Ilustrasi/Korban pelecehan seksual
Sumber :
  • www.kidsinthehouse.com

VIVA.co.id – Indonesia akhirnya menerapkan pemberian hukuman untuk pelaku kejahatan seksual. Aturan ini telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu 25 Mei 2016.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

"Kejahatan seksual anak ini kejahatan luar biasa karena mengancam dan membahayakan jiwa anak dan merusak kehidupan pribadi tumbuh kembang anak," kata Jokowi.

Ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perppu ini merupakan perubahan kedua Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan kemudian menjadi Perppu Nomor 1 Tahun 2016.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Dalam ketentuannya, Perppu ini menuangkan sanksi yang berat bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak seperti pemberatan pidana berupa ancaman pidana mati, seumur hidup hingga penjara paling singkat 10 tahun.

Tak cuma itu, para pelaku kejahatan seksual akan diumumkan secara luas kepada publik, dikenakan kimia dan pemasangan deteksi elektronik. "Kami berharap hadirnya Perppu ini berikan efek jera kepada pelaku dan menekan kejahatan seksual terhadap anak," kata Jokowi.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Lantas bagaimana respons publik soal Perppu ini. Berikut sejumlah tanggapan netizen di jejaring sosial soal terbitnya Perppu di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya