Menteri Agama Minta Umat Islam Jaga Perilaku Selama Ramadan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta masyarakat bisa menjaga perilaku selama menjalani ibadah puasa di Ramadan selama satu bulan ke depan. Pemerintah telah menetapkan awal bulan Ramadan berlangsung Senin besok, 6 Juni 2016.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Tentu kita semua bisa menjaga kesucian bulan Ramadan agar kualitas ibadah kita terjaga," ungkap Lukman saat mengumumkan hasil Sidang Isbat di Kementerian Agama, Minggu, 5 Juni 2016. 

Hal ini diperlukan agar umat Islam bisa meningkatkan kualitas ibadah mereka. "Agar kita menjalani Ramadan kali ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," jelas Lukman.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Tak lupa, Lukman juga berharap masyarakat bisa menjalani ibadah ini dengan suka cita dan penuh semangat. "Selamat menjalani Ramadan mulai besok."

Sebelumnya, setelah melalui sidang Isbat, Lukman mengumumkan ibadah puasa dimulai 6 Juni esok untuk umat Islam di Indonesia selama sebulan ke depan. Keputusan ini diambil selama Sidang Isbat, setelah mempelajari laporan pengamatan hilal dan hisab dari 93 titik pengamatan di Indonesia. Tim petugas sudah bisa melihat penampakan di beberapa tempat.

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

(ren)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024