Masalah SDM Jadi Tantangan Klasik Calon Kapolri

Kapolri Pimpin Apel Sertijab Kabareskrim dan Sejumlah Kapolda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Masa jabatan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan berakhir pada bulan Juli 2016 mendatang. Sejumlah pekerjaan rumah menanti calon Kapolri baru. Di antaranya pekerjaan yang belum tuntas adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM) di internal Polri.

Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

Pengamat Kepolisian Hermawan Sulistyo mengatakan, bahwa sampai saat ini anggota polisi jumlahnya mencapai 435 ribu di seluruh Indonesia.

"Tantangan ke depan masalah SDM, dan Polri organisasi terbesar setelah Pegawai Negeri Sipil," kata Hermawan Sulistyo di Jakarta, Senin, 13 Juni 2016.

Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebelum 30 Januari

Hermawan menjelaskan, perwira menengah (pamen) Polri tingkat Komisaris Polisi jumlahnya diperkirakan mencapai 300 orang yang masih 'nganggur' atau belum mendapatkan posisi jabatan.

Sementara, dalam tataran anggota polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) jumlahnya mencapai 1.500 orang yang masih 'nganggur'.

Jalankan Visi Misi Komjen Listyo, Polda Metro Siapkan 100 E-TLE

"Ini harus segera diatasi (Kapolri baru). Mereka sodok-sodokan ke atasan dan SDM supaya dapat penempatan dalam jenjang karir," ujarnya.

Ia berharap, siapapun Kapolri baru pengganti Jenderal Badrodin Haiti dapat menyelesaikan masalah anggota-anggota Polri yang masih 'nganggur' dan menempatkan posisi sesuai dengan kemampuan mereka miliki.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya