Sudah 270 Ribu Pemudik Menyeberang ke Sumatera

Puncak Arus Mudik Merak
Sumber :
  • Antara/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Jelang Hari Raya Idul Fitri, arus pemudik dari dari Pulau Jawa menuju Sumatera terus meningkat. Data yang disampaikan PT ASDP, sekira 270.025 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni, Lampung.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Danang S Baskoro, mengatakan, sejak Kamis 30 Juni hingga Jumat 1 Juli 2016, terjadi peningkatan trafik pemudik yang hendak menyeberang ke Bakauheni, khususnya penumpang pejalan kaki maupun kendaraan roda empat (pribadi).

"Penumpang terus mengalir, begitu juga dengan kendaraan. Kami perkirakan, Jumat hingga Minggu (3 Juli 2016) akan menjadi puncak arus mudik penyeberangan. Diperkirakan, jumlah penumpang yang akan menyeberang hingga H-1 mendatang sekira 482.460 orang," kata Danang, dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Jumat sore, 1 Juli 2016.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Ia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan Merak - Bakauheni agar tetap mempersiapkan perjalanan mudiknya lebih awal sebelum hari Lebaran pekan depan.

"Kami imbau agar melakukan perjalanan siang hari, sehingga dapat terhindar dari antrean atau kemacetan yang biasa terjadi di malam hari. Selain itu, pemudik roda empat dan sepeda motor harus menjaga stamina kesehatan selalu prima hingga tiba dengan selamat di tempat tujuan," katanya.

Pesan Khusus Budi Karya ke Pelindo dan ASDP saat Mudik Lebaran: Kapal Besar Didahulukan

Dia mengatakan, dengan tersedianya layanan 28 unit kapal di lintasan Merak-Bakauheni selama 24 jam, pemudik kapal feri tak perlu khawatir dengan kapasitas angkut yang tersedia. "Apalagi, kami sudah mengoptimalkan pengoperasian kapal-kapal berukuran besar," tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy Kaunang mengatakan, secara total, dari H-12 hingga hari ini, tercatat jumlah penumpang yang telah diseberangkan mencapai 270.025 orang atau naik empat persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 259.981 orang.

Lalu, untuk roda dua, tercatat 12.111 unit atau turun 6,1 persen dibandingkan tahun lalu 12.901 unit, roda empat mencapai 26.477 unit atau naik 4,5 persen dibandingkan tahun lalu 25.348 unit.

"Diperkirakan, yang masih akan menyeberang hingga H-1 sekitar 55.747 unit," kata Tommy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya