Polda DIY Larang Takbir Keliling di Jalan Malioboro

Malioboro, Yogyakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Salah satu tradisi menyambut 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan umat muslim di Indonesia adalah takbir keliling. Begitu juga masyarakat Yogyakarta.

Menag Yaqut Ajak Warga Takbiran Idul Adha Virtual Bareng Jokowi

Mereka juga akan menggelar takbir keliling melalui jalur-jalur utama di Kota Yogyakarta. Namun, khusus untuk Jalan Malioboro, yang merupakan pusat perbelanjaan dan destinasi wisata Yogyakarta, dipastikan bebas dari rombongan takbir keliling.

"Boleh untuk takbir keliling, namun tetap dilarang memasuki Jalan Malioboro," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Any Pudjiastuti, Senin, 4 Juli 2016.

Takbir Keliling di Kota Tangerang Ditiadakan, Salat Idul Adha di Rumah

Sejumlah petugas akan ditempatkan pada titik-titik akses jalan menuju kawasan Malioboro dan jika rombongan takbir keliling maka akan dialihkan melalu jalur lainnya.

"Ada nanti jalur alternatif yang disiapkan oleh petugas kepolisian termasuk jangan sampai mengganggu jalur utama mudik yang melewati Yogyakarta," ujarnya.

Takbir Keliling Dilarang, Ini Titik Malam Bebas Kerumunan di Jakarta

Tak kurang dari 500 petugas kepolisian akan berjaga-jaga di wilayah perbatasan kota dan kabupaten untuk mengantisipasi rombongan takbir dari kabupaten masuk ke kota demikian pula sebaliknya.

"Takbir keliling sebaiknya dilakukan di dalam wilayahnya masing-masing dan petugas kepolisian terdekat siap memberikan pengawalan," tuturnya.

Kemeriahan Takbir Keliling Sambut Idul Adha

Jika Ada Takbir Keliling, Ini Tindakan yang Bakal Dilakukan Polri

Biasanya, takbir keliling dilakukan malam hari sebelum Idul Adha, yakni Senin malam ini. Polri mengedepankan langkah preemtif.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2021