Daerah Ini Diprediksi Hujan Saat Malam Takbiran

Posko lebaran BMKG 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.

VIVA.co.id – Kepala Bidang Ekologi, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agus Wahyu mengatakan, gangguan cuaca masih akan terjadi di sejumlah daerah antara lain, pulau Jawa dan Lampung, Sumatera Barat, serta Bali.

Waspada, Kabupaten Sumba Timur Diprediksi Alami 60 Hari Tanpa Hujan

"Untuk saat ini, dan satu hari ke depan (malam takbiran) gangguan cuaca atau peluang hujan bisa terjadi di daerah ini, Jawa, Lampung, Sumbar, Bali, ringan sampai sedang," kata Agus di Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu, Kementerian Perhubungan, Senin 4 Juli 2016.

Selain itu, hujan ringan dan sedang di Banten dan Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku Utara serta Papua Barat juga masih akan terjadi.

Gempa 6,9 Skala Richter Mengguncang Banten, Ini Akibatnya

Tak hanya hujan, gangguan cuaca lainnya yakni tingginya gelombang air laut potensial terjadi. Meski diprediksi tak akan setinggi gelombang yang terjadi pada awal bulan Juni lalu, tapi kecenderungan naiknya gelombang air laut harus tetap diwaspadai.

"Gelombang di selatan masih tinggi meskipun tidak setinggi awal bulan Juni kemarin, paling sekitar 2 meter. Di utara ada kecendrungan naik juga, ketinggian gelombang ada pengaruh angin timuran di utara Jawa, di Maluku juga tinggi gelombang relatif tinggi," kata dia.

Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang Ternate, Berpotensi Tsunami

Menurut Agus, meski tidak membahayakan, namun naiknya gelombang air laut tetap dapat menganggu.

"Belum bahaya tapi mengganggu iya, kalau untuk kapal besar tinggi gelombang 2 meter kan tidak masalah. Tapi kalau untuk kapal penyeberangan kecil pengaruh, yang jelas Merak dan Selat Bali aman," kata Agus.

Kondisi kabut asap terlihat jelas kualitas udara dan jarak pandang terbatas. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)

Minggu, Udara di Palembang Masuk Level Bahaya

Sore hari dihimbau warga tak keluar rumah

img_title
VIVA.co.id
22 September 2019