Kementerian Agama Bersiap Menanti Sidang Isbat

Suasana di Kantor Kementerian Agama, menanti sidang Isbat penentuan Idul Fitri
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Agama sore ini menggelar sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri.

LIVE Breaking News: Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1444 H

Dari pantauan VIVA.co.id, sejumlah persiapan tengah dilakukan di lobi utama Kementerian Agama. Awak media tengah menyiapkan kamera mereka di depan meja konferensi pers. Sedangkan protokoler kementerian bersiap menyambut kedatangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang akan memimpin jalannya sidang Isbat.

Sidang Isbat ini rencananya akan digelar tertutup, dihadiri sejumlah tokoh agama dan organisasi masyarakat, termasuk Majelis Ulama Indonesia serta perwakilan Komisi VII DPR RI. Para undangan itu akan memberikan masukan dan pandangan mereka terhadap posisi hilal atau bulan, setelah mendapatkan hasil pantauan di berbagai wilayah.

Isbat Awal Syawal Digelar 20 April 2023, Kemenag Pantau Hilal di 123 Titik

Metode penentuan 1 Syawal dilakukan setelah tim pemantau hilal Kementerian Agama memaparkan temuan mereka. Tim ini disebar di beberapa titik seperti Cakung, Surabaya, Ambon sampai Ternate. Metode penentuan Lebaran akan dilakukan menggunakan metode hisab maupun rukyat.

Posisi hilal dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam, yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Sidang Isbat Penentuan Lebaran Digelar 20 April 2023
Pantau hilal/Ilustrasi.

Kemenag Sepakat Bakal Gelar Sidang Isbat Ramadhan 10 Maret 2024

Kemenag mengatakan bahwa telah sepakat akan menggelar sidang isbat atau pemantauan hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan pada Minggu 10 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024