Peringatan! Gelombang 4 Meter Akan Terjang Pantai Sumatera

Ilustrasi gelombang tinggi di laut.
Sumber :
  • Diki Hidayat/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gelombang tinggi air laut mencapai empat meter akan melanda perairan di Pantai Barat Sumatera. Hal itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan dengan mengeluarkan imbauan cuaca buruk dan gelombang tinggi, pada hari Minggu, 17 Juli 2016.

Erupsi Anak Krakatau Mereda, Ini Imbauan untuk Pelaku Pelayaran

"Gelombang setinggi empat meter terjadi di Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Nias, Sibolga, Perairan Riau," tutur Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Medan, Sunardi.

Dia menjelaskan, untuk kecepatan angin di wilayah tersebut mencapai dua knot sampai 20 knot dengan arah angin barat laut - utara. Cuaca buruk tersebut diprediksi akan terjadi tiga hari ke depan "Peristiwa fenomena alam ini, akan terjadi selama tiga hari ke depan," kata Sunardi.

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi dan Erupsi Gunung Anak Krakatau

Dengan itu, Sunardi mengimbau kepada nelayan yang menggunakan perahu tradisional untuk berhati-hati untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan di perairan Pantai Barat Sumatera. Mengingat ketinggian ombak di sana yang mencapai empat meter.

"Kerena tinggi gelombang mencapai empat meter terutama di Perairan Nias dan Sibolga. Diimbau kepada masyarakat untuk tidak berlayar di daerah tersebut. Gelombang dan hujan diprediksi hingga tiga hari ke depan," ujar Sunardi. (ase)

BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem pada 17-22 Januari 2022
Gelombang tinggi di Pelabuhan Merak, Banten

Gelombang Tinggi 2,5 Meter, Kapal Sulit Bersandar di Pelabuhan Merak

Gelombang tinggi dan cuaca buruk menerjang perairan di sekitar Pelabuhan Merak, Banten. Ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022