Ketika Tentara Jadi Pemungut Sampah

Prajurit Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru membersihkan sampah
Sumber :
  • Ali Azumar/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Persoalan sampah menjadi momok di Pekanbaru, Riau, sejak sebulan terakhir. Timbunan sampah di pinggir jalanan pun menjadi pemandangan umum, karena mereka tak lagi diangkut petugas.Mahfum, karena petugas sampah mogok kerja.

Aksi Nekat Prajurit TNI AD Terjun ke Laut Demi Selamatkan Nyawa Manaf

Untuk membantu mengatasi masalah ini, bertepatan dengan peringatan Hari Bakti ke-69 TNI AU pada 29 Juli 2016 mendatang, parjurit TNI dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru turun tangan membersihkan sampah yang berserakan di sejumlah tempat.

"Untuk karya bakti, lanud melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan yang berlokasi di Pasar Pagi Arengka tadi," ungkap Kepala Penerangan dan Pustaka Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Sus Rizwar, Senin, 25 Juli 2016.

Innalillahi, Prajurit TNI Terbaik Kodam Siliwangi Meninggal Dunia

Aksi membersihkan sampah ini, kata Rizwar, akan berlanjut esok hari di tempat yang berbeda. Pada Selasa, 26 Juli 2016, prajurit TNI akan membersihkan sampah di kawasan Rumah Sakit Jiwa Tampan, Pekanbaru.

Selain membersihkan sampah, Lanud Roesmin Nurjadin juga menggelar beberapa kegiatan sosial lainnya, seperti memberikan pengobatan gratis pada masyarakat.

Peristiwa Haru di Aceh, Letnan Samsul Yadi Tinggalkan TNI

"Kegiatan Bakti Kesehatan terdiri dari kegiatan donor darah yang juga dilaksanakan hari ini di Rumkit Lanud Roesmin Nurjadin. Termasuk juga kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat besok," paparnya. 

Persoalan sampah di Ibu Kota Riau ini menjadi serius, setelah awal Juni lalu karyawan PT MIG selaku perusahaan pengangkut sampah, tidak mau lagi bekerja. Mereka melakukan aksi mogok karena upah mereka selama beberapa bulan belum dibayarkan perusahaan.

VIVA Militer: Mayor Inf Tinton.

Jadi Komandan Pasukan Elite, Mayor Kostrad TNI Jalan Kaki 5 Kilometer

Dia jalan kaki di tengah lalu lalang kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022