Kapolri Sebut Terorisme di Indonesia Tak Akan Selesai

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mabes Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id - Kapolri Tito Karnavian menilai, terorisme di Indonesia tidak akan selesai kalau konflik dunia Islam di Timur Tengah masih terjadi. Karena itu dibutuhkan diplomasi tingkat internasional dan regional untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

"Perlu ada langkah-langkah di tingkat internasional agar dunia Islam lebih tenang," kata Tito dalam rapat bersama pansus RUU Terorisme di DPR, Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2016.

Menurutnya, perlu ada diplomasi yang dilakukan para diplomat untuk mendorong agar diselesaikan konflik di Afganistan, Yaman, Libya, dan negara lainnya.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

"Doktrin takfiri, salafi, jihadi, doktrin-doktrin ini ada sejak jaman Ibnu Taimiyah. Doktrin ini naik dan turun ketika terjadi peristiwa politik. Karena itu perlu kerja sama untuk selesaikan masalah di tingkat regional dan internasional untuk selesaikan masalah yang menyangkut komunitas Islam," kata Tito.

Adapun di tingkat nasional, Tito menilai perlu dilakukan langkah komprehensif seperti pencegahan. Pencegahannya perlu dilokalisir paham-paham pro kekerasan dan dihentikan penyebarannya.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

"Pencegahannya bisa masuk ke kontra radikalisasi, bagaimana bentengi masyarakat supaya tak kena paham radikal. Kontra ideologi, bagaimana memoderasi ideologi, dan rehabilitasi agar bisa memoderasi mereka yang terkena paham radikal agar jadi moderat."

(mus) 

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023