Idul Adha, Kendaraan ke Pintu Tol Brexit Akan Dibatasi

Kepadatan kendaraan di Tol Brebes Timur akibat volume kendaraan pemudik.
Sumber :
  • Dedy Priatmojo

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, serta Mabes Polri, menggelar rapat koordinasi evaluasi komprehensif mengenai pintu Tol Brebes Timur, yang juga dikenal dengan Brexit, untuk mengantisipasi libur Hari Raya Idul Adha nanti. 

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di pintu tol Brexit. Kendaraan yang akan menuju Brexit akan dibatasi sejak pintu tol sebelumnya.

"Kita akan melakukan suatu pembatasan kendaraan menuju ke sana," ujar Budi di Gedung Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis, 1 September 2016.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Pembatasan kendaraan, kata Budi, akan diterapkan berdasarkan situasi dan kondisi beban lalu lintas di tol, dengan melihat kapasitas daya tampung. Jika terjadi kepadatan, kendaraan akan dibatasi sejak di pintu Tol Cikarang Utama. "Sehingga supply lalu lintas ke sana akan dibatasi."

Nantinya, koordinator pengaturan lalu lintas jelang libur Idul Adha berada di bawah arahan Mabes Polri. Selain di Brexit, rapat juga membahas masalah pelabuhan seperti di Banten dan Surabaya.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Seperti diketahui, kemacetan parah terjadi di tol Brexit pada tradisi mudik Hari Raya Idul Fitri lalu. Kemacetan terjadi akibat jumlah kendaraan yang melintas terlalu tinggi, sehingga tidak sebanding dengan daya tampung tol. Akibatnya, antrean kendaraan kala itu bisa memanjang hingga 20 kilometer. (mus)

Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024