Ini Kelebihan Sapi Kurban Jokowi dan Jusuf Kalla

Sapi kurban sumbangan Presiden RI dan Wapres RI di masjid Istiqlal, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA.co.id – Penyerahan sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dilakukan oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman Kedua sapi milik orang nomor satu dan nomor dua di Republik Indonesia ini adalah hasil peternakan lokal.

20 Ucapan Hari Raya Idul Adha 1442 H

Mentan mengatakan, sapi lokal dengan berat mencapai 1,5 ton tersebut adalah hasil peranakan ongole (PO) asal Tuban, Jawa Timur.

"Artinya sapi kita mampu menghasilkan bobot yang tidak kalah dengan sapi lain," ujarnya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin 12 September 2016.

Resep Opor Ayam Khas Palembang, Menu Spesial Hari Raya Idul Adha

Menurutnya, ini potensi yang luar biasa untuk sapi lokal yang sudah dikembangkan. Pada 2015 kurang lebih satu juta sapi ongole dan sapi Brahman dilahirkan.

"Yang terpenting adalah kita kembangkan ke depan untuk pesan lainnya. Sehingga kita bisa swasembada protein bukan cerita daging lagi tapi protein," ujarnya menambahkan.

Selamat Idul Adha Trending di Twitter, Warganet Imbau di Rumah Aja

Ia menjelaskan, kalau dari arahan Presiden, sembilan tahun ke depan sapi lokal akan terus dikembangbiakkan. "Tapi kalau bisa lebih cepat kita upayakan agar lebih cepat untuk swasembada sapi," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil. Dia berharap, ke depan sapi-sapi kurban di hari raya Idul Adha bukan lagi sapi impor.

"Mudah-mudahan saat nanti sapi yang kita kurban kalau bisa diternakkan di Indonesia."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya