Mau Beli Obat Aman, di Sini Tempatnya

Stetoskop dokter
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beredarnya temuan obat ilegal di beberapa pasar dan apotek rakyat membuat masyarakat putar otak untuk mendapatkan obat yang aman. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengusulkan agar masyarakat membeli obat di e-Katalog dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

LKPP Kembangkan e-Katalog di BUMN, Pertamina Jadi Yang Pertama

Obat tersebut diyakini sangat aman karena dikelola langsung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sehingga masyarakat dapat dengan tenang saat mengonsumsinya.

"Saya ingin mengatakan kepada masyarakat karena kita saat ini ada di era JKN, obat-obat generik ini bisa di dapatkan di e-Katalog," ujar Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 15 September 2016.

Teken RUU Pengadaan Belanja Negara, Luhut Pede Tidak Ada Lagi Celah Korupsi

Nila menambahkan bahwa masyarakat yang membeli obat dengan sistem e-Katalog dijamin akan aman.  Sebab obat yang ditawarkan tentunya diproduksi oleh pabrik farmasi yang resmi.

"Jadi mudah-mudahan bila semakin banyak orang yang memesan obat di e-Katalog dan pesan pada yang benar kebutuhan masyarakat pada obat ini (ilegal) akan berkurang," katanya.

LKPP Evaluasi Sistem E-Katalog Buntut Kasus Kepala Basarnas

Kendati demikian, Nila pun mengingatkan kepada masyarakat agar tidak memakai obat dengan sembarangan. 

Gedung Telkom Indonesia.

Ada Telkom di Balik Platform E-Katalog Baru LKPP

LKPP segera meluncurkan e-katalog baru yang didukung oleh Telkom Indonesia. Platform ini akan mengoptimalkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

img_title
VIVA.co.id
8 November 2023