Mendagri Berharap Ada Program Air Bersih Gratis

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya sinergi dan kerja sama badan pengelola air dalam meningkatkan kualitas penyediaan air bersih bagi masyarakat.

Kepala Daerah Ditangkap KPK Lagi, Mendagri: Kok ya Terus

"Air kebutuhan utama dalam masyarakat, dari konteks pemerintahan, pemerintah harus mampu memberikan kebutuhan dasar untuk air bersih. Kita tekankan adanya sinergi antara perusahaan air minum, baik swasta maupun daerah, untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat," ujar Tjahjo, saat membuka seminar Sinergi Peningkatan Pelayanan Air Bersih kepada Masyarakat di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kamis 22 September 2016. 

Turut hadir pada acara ini, perwakilan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) se-Indonesia.

Umumkan Pimpinan Dewan, DPRD DKI Tunggu Jawaban Mendagri

Tjahjo berharap, agar penyediaan air bersih pada masyarakat bisa diberikan secara gratis, seperti halnya pada program pendidikan dan kesehatan. Sebab, Tjahjo masih menemui masyarakat yang harus membayar untuk air, ternyata tidak mendapatkan pasokan air bersih yang lancar.

"Janji pendidikan gratis, kesehatan gratis, dan sejenisnya. Mungkin, harusnya ada air gratis juga, karena di beberapa daerah, masyarakat yang harus membayar pun terkadang tak mendapat aliran yang stabil. Ini harus jadi perhatian," tegasnya.

Jokowi Tunjuk Mendagri Jadi Plt Menkum HAM

Menurutnya, forum ini harus dijadikan momentum untuk memperbaiki pelayanan penyediaan air pada masyarakat. Tjahjo juga menyoroti beberapa perusahaan air minum daerah yang masih belum beres manajemennya, karena adanya masalah hukum dan pelayanan.

"Ada PDAM Semarang di sini? Kalau ada, tolong jadikan catatan, pelayanan air di sana terkadang masih semrawut," kata Tjahjo. (asp)

Tim KPK membawa Wali Kota Medan Dzulmi Eldin ke kantor KPK

Wali Kota Medan Ditangkap KPK, Mendagri Kecele

KPK sebelumnya menangkap Bupati Indramayu Subendi.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2019