Jokowi: Jonan dan Arcandra Sama-sama Keras Kepala

Presiden Jokowi bersama Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memaparkan alasannya memilih Ignatius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM.

Arcandra Tahar: Ada Potensi Krisis Energi dari Konflik Rusia-Ukraina

Jokowi mengatakan, pilihannya mengangkat Jonan dan Arcandra sudah tepat. Karena dianggapnya berani mengambil terobosan dan memperbaiki organisasi kementerian.

"Saya yakin keduanya figur-figur profesional, tepat, berani, yang punya potensi untuk lakukan reformasi besar-besaran di ESDM," kata Jokowi usai pelantikan, di Istana Negara, Jumat 14 Oktober 2016.

Begini Kata Arcandra Tahar Soal Harga Minyak Dunia 2022

Jokowi yakin dengan kolaborasi keduanya yang dianggap profesional, untuk bisa membenahi ESDM ke depan. "Saya yakin beliau berdua ini figur yang punya kompetensi, walau saya tahu dua-duanya keras kepala tapi suka terjun ke lapangan," ujar Jokowi tersenyum.

Keduanya diambil sumpah dan dilantik sebagai Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

Arcandra Tahar Proyeksi Harga Batu Bara 2022 di Atas US$70 per Ton

Pengangkatan Ignatius Jonan, berdasarkan Kepres No. 114 P tahun 2016 tentang pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja Dalam Sisa masa jabatan periode 2014-2019.

"Mengangkat saudara Ignatius Jonan sebagai menteri ESDM kabinet kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019.l," bunyi Kepres itu.

Sementara itu, Arcandra Tahar diangkat menjadi Wakil Menteri ESDM, berdasarkan Kepres No.115 P 2016 tentang pengangkatan Wamen ESDM . "Mengangkat saudara Arcandra Tahar sebagai Wamen ESDM,".

Turut hadir, Ketua DPR Ade Komarudin dan Wakilnya Agus Hermanto. Mensesneg Pratikno, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PU Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Jaksa Agung H M Prasetyo, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, dan sejumlah pejabat lain.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya