Dunia Akui Indonesia Hebat Soal Kerukunan Beragama

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVA.co.id – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, hari ini membuka Mahasabha ke-IX Parisada Hindu Dharma Indonesia, di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu Wapres tegaskan, bangsa lain mencontoh Indonesia soal kerukunan beragama.  

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Wapres mengatakan, Indonesia merupakan bangsa yang memiliki beragam kebudayaan, dan umat beragama. Uniknya, meskipun memiliki beragam kebudayaan, dan agama, namun persatuan di Indonesia selalu terjaga.

Hal itu pulalah yang menjadi alasan banyak bangsa di dunia, belajar dari Indonesia. Menurut Kalla, mereka pun selalu kagum pada persatuan bangsa Indonesia.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

"Mereka itu menganggap kita bangsa hebat, karena bisa menyatukan umat beragama yang beragam," kata Kalla di Surabaya, Sabtu, 22 Oktober 2016.

Kalla mengungkapkan, persatuan merupakan misi dan tujuan dari negara Indonesia. Sehingga, negara pun memberikan kesempatan, dan ruang yang besar bagi siapa pun untuk menyampaikan gagasan, serta sumbangan tenaga untuk kemajuan bangsa.

10 Kota Intoleran di Indonesia, Kota Terkenal Ini Masuk ke Daftar

"Kita tidak memandang apa pun agama dan kepercayaannya. Asalkan itu positif untuk kemajuan bangsa, pasti akan kita apresiasi," ujar Kalla.

Kalla melanjutkan, umat Hindu di Indonesia, khususnya di Bali, memiliki peranan penting dalam menjaga persatuan bangsa. Menurutnya, kearifan lokal yang dimiliki umat Hindu di Bali, sudah menginspirasi banyak daerah lainnya untuk menjaga persatuan.

"Tidak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia pun mengenalnya. Ini jelas sebuah prestasi yang membanggakan," kata Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya