Jokowi Lapor Gratifikasi dari Perusahaan Minyak Rusia

Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Kepala Sekretariat Presiden RI Joko Widodo, Darmansjah Djumala menyambangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, 28 Oktober 2016. Darmansjah mengaku diutus Jokowi secara resmi untuk melaporkan sejumlah barang gratifikasi yang diberikan perusahaan minyak swasta di Rusia kepada Presiden melalui Pertamina.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Saya datang ke sini dalam rangka memenuhi instruksi bapak Presiden Joko Widodo, untuk menyerahkan satu paket gift dari sebuah perusahaan swasta di Rusia yang kami terima beberapa waktu lalu melalui pihak ketiga," ujar Darmansjah di kantor KPK, Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Darmansjah, pelaporan itu sesuai amanat undang-undang KPK bahwa penyelenggara negara wajib melaporkan gratifikasi yang ia terima. Karena itu, kata Darmansjah, Presiden Jokowi memintanya agar langsung menemui Ketua KPK, Agus Rahardjo, untuk melaporkan gratifikasi berupa satu set alat untuk minum teh, plakat dan lukisan dari perusahaan minyak di Rusia itu.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"(Harganya) saya tidak tahu, tapi kelihatannya mahal. Bagus," ujarnya.

Darmansjah sendiri mengklaim tidak tahu pemberian ini dimaksudkan untuk apa. Ia juga tak berani berspekulasi. Menurutnya semua akan ditindaklanjuti oleh KPK karena sudah dilaporkan kepada yang berwenang.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Saya tidak bisa menduga, nanti saya dibilang suudzon (berprasangka buruk)," kata Darmansjah.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024