Mensos Akan Beri Perlindungan WNA yang Terlantar

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA.co.id – Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawangsa menyatakan, akan memberikan bantuan perlindungan kepada warga negara asing yang terlantar. Pernyataan Mensos tersebut terkait dengan WNA asal Ceko, yang menjadi gelandangan di Jakarta.  

Kejaksaan Mempertimbangkan Cekal WNA terkait Korupsi Satelit Kemhan

Hingga kini, pihaknya terus melakukan konfirmasi terkait kasus keberadaan WNA asal Ceko ini. Namun, Khofifah menyatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menanggulangi banyaknya gelandangan asal luar negeri yang berkeliaran di Indonesia, termasuk kementerian luar negeri dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

"Misal ada anak-anak dari salah satu negara, IOM menyampaikan itu kepada Kemensos, jadi Kemensos akan memberikan perlindungan. Saya sudah ketemu beberapa dari mereka," ujar Khofifah, saat ditemui di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 6 November 2016.

Intelijen Sebut Ada 21 Orang Asing Misionaris di Kapuas Hulu

Khofifah menambahkan, Kemensos tetap akan memberikan perlindungan terhadap WNA yang terlantar. Setelah bekerja sama dengan IOM dan Kemlu, mereka akan dipulangkan ke negaranya.

"Mereka yang ada perlindungan Kemensos sampai kembali ke daerahnya, kalau luar negeri itu bersama IOM, sering kok kita kerja sama, tidak hanya kasus itu," ucap dia

Enam WNA China Tak Bisa Bahasa Indonesia Ditangkap di Waropen Papua

Sebagai diketahui, seorang WNA asal Ceko terlantar berkeliaran di Jalan Gatot Subroto. Ia diangkut petugas dan tengah ditangani petugas Panti Sosial Bina Insan Kedoya, Jakarta Barat. (asp)

Warga Negara Australia ditemukan tewas di Villa Bali.

Warga Negara Australia Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Bali

Mayat Warga Negar Asing Australia diketahui bernama John Pearce Douglas dan berusia 69 tahun dengan kondisi tanpa busana.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022