Bareskrim Buka Kemungkinan Gelar Perkara Terbuka Terbatas

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menegaskan, masih membahas apakah gelar perkara penyelidikan terhadap kasus dugaan penistaan agama akan dilakukan secara terbuka, atau tertutup.

Bareskrim Segera Gelar Perkara Robot Trading yang Dipromo Indra Kenz

Sebelumnya, kasus dugaan penistaan agama ini dilaporkan sejumlah elemen masyarakat terhadap Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, terkait pernyataannya yang mengutip Surat Al-Maidah Ayat 51 dan dianggap melecehkan agama.

Ari menambahkan, meski tak diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), gelar perkara ini merupakan prosedur internal dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

"Ya, ini kan masih kita bahas lagi. Karena kan, memang aturannya, tegasnya hanya intermal. Nah, terbukanya mungkin saja kita mengundang pihak-pihak," kata Ari Dono di Kantor Bareskrim, Gedung KKP, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa 8 November 2016.

Menurut Ari, adanya kemungkinan dilaksanakan gelar perkara secara terbatas adalah dengan mengundang pihak-pihak terkait dengan gelar perkara khusus. Namun, hal itu, ia belum jelaskan secara teknis proses gelar tersebut nantinya.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo sendiri menginstrusikan, agar gelar perkara kasus penistaan agama ini dilaksanakan secara terbuka.

"Terbuka. Terbuka terbatas mungkin, ya. Karena, ini kan masih kegiatan penyelidikan, bagaimana formulasinya, bentuknya seperti apa, mekanisme seperti apa. Masih kita rumuskan," ujar Ari. (asp)

Terdakwa kasus penistaan agama M Kace menjalani persidangan pembacaan tuntutan

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman 10 tahun penjara untuk terdakwa M Kece terkait kasus penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022