BMKG: Isu Gempa 8,6 SR dan Tsunami di Jawa Timur Tidak Benar

Petugas BMKG Pantau gempa bumi.
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluruskan isu bakal terjadi gempa bumi besar berskala 8,6 Skala Richter dan gelombang tsunami di wilayah Jawa Timur, adalah bohong.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

Dalam siaran tertulis di akun resmi Twitter BMKG, @InfoBMKG, Jumat, 18 November 2016, BMKG menyatakan isu tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah mengeluarkan berita seperti itu. 

BMKG menyatakan, Isu itu hanya untuk membohongi masyarakat karena tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Menurut BMKG, sampai saat ini, gempa tektonik belum bisa diprediksi dengan ilmiah secara baik. Dari sekian banyak isu serupa, tidak satupun yang terbukti. Karena itu, BMKG meminta isu itu tidak perlu dihiraukan.

Sebelumnya, beredar isu yang menyatakan, gempa besar diikuti gelombang tsunami bakal terjadi hari ini di wilayah pantai selatan Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Kediri dan wilayah lainnya.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Isu itu muncul setelah gempa berskala 6,2 SR mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur, pada pukul 22.10 WIB, Rabu, 16 November 2016.

Gempa itu berpusat di 9.32 lintang selatan, 118.12 bujur timur, 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang. Pusat gempa di kedalaman 69 kilometer.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya