BMKG Tegaskan Gempa Aceh Tak Berpotensi Tsunami

Bangunan di Pidie Jaya, Provinsi Aceh roboh diguncang gempa 6,5 SR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Berdasarkan laporan yang diterima sejak pagi hingga pukul 16.30 WIB, Rabu, 7 Desember 2016, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Apalagi, BMKG mengatakan gempa bumi tersebut terjadi di darat.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Dari laporan kami yang tadi pagi hingga sampai saat ini, tidak berpotensi tsunami. Gempanya ada di darat," tutur Kepala Sub-Bidang Informasi BMKG, Harry Tirto Djatmiko saat dikonfirmasi.

Menurut dia, hingga pukul 16.30 WIB, kondisi di Aceh sudah kondusif. Ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena gempa susulan lambat laun sudah mulai mengecil dan bahkan tidak dirasakan lagi.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Relatif lebih kondusif, karena masyarakat diimbau tidak perlu khawatir terkait dengan hal tersebut. Karena gempa susulannya, lambat laun sudah mulai mengecil dan sudah mulai tidak dirasakan lagi," ujar Harry.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi terjadi di Aceh sekitar pukul 05.00 WIB, Rabu, 7 Desember 2016 pagi. Gempa berkekuatan 6,5 SR ini merobohkan berbagai bangunan, termasuk rumah, masjid, dan sekolah. Selain itu, gempa tersebut juga menimbulkan puluhan korban jiwa. (ase)

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami


 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023