Ini Daftar Korban Tewas di Gempa Aceh

Proses evakuasi korban bencana gempa bumi di Pidie Jaya Aceh, Rabu (7/12/2016). Gempa Aceh ini dilaporkan berkekuatan 6,5 SR dan berpusat di daratan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/twitter

VIVA.co.id – Pemerintah Daerah Aceh resmi menetapkan status tanggap darurat bencana terkait kejadian gempa bumi berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang wilayah Pidie Jaya, Rabu, 7 Desember 2016. Terdapat tiga wilayah yang ditetapkan yakni, Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Sejauh ini, hingga pukul 17.30, merujuk dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah korban tewas sudah mencapai 94 orang.

"Pidie Jaya 91 orang, Bireuen dua orang dan Pidie satu orang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Kabupaten Pidie Jaya, tercatat memang menjadi daerah yang paling parah terdampak. Ini terlihat tidak hanya dari jumlah korban jiwa yang tewas, namun juga dari banyaknya kerusakan bangunan di Pidie Jaya.

Catatan BNPB, dari total rumah yang mengalami kerusakan berat sebanyak 161 unit, untuk Pidie Jaya ada 86 rumah, Bireun 35 unit dan Pidie 40 unit. Begitu pun untuk rumah toko, di Pidie Jaya setidaknya ada 105 unit yang roboh, termasuk 14 masjid, 1 sekolah dan 1 rumah sakit.

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

"Alat berat telah dikerahkan ke lokasi untuk mencari korban. Sebanyak 740 personel TNI juga telah siap membantu," kata Sutopo.

(mus)

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari 15.000 Rumah Terendam

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Pihak berwenang Rusia mengatakan jumlah rumah yang terendam akibat banjir di Rusia telah melampaui 15.000, menurut laporan media pemerintah pada hari Senin 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024