Hercules Jatuh Bawa Semen dan Sembako, Ini Penjelasan TNI AU

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono.

VIVA.co.id – Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara yang jatuh di Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi, 18 Desember 2016, diketahui selain membawa 13 kru pesawat dan penumpang, juga mengangkut 12 ton material semen dan sembako.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Wakil Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, memastikan muatan semen dan sembako yang ada di dalam pesawat militer itu tidak menyalahi aturan.

"Kalau itu resmi permintaan pemerintah Papua," kata Marsdya Hadiyan saat menggelar jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, 18 Desember 2016.

Peristiwa Menegangkan Hantu Udara Kopasgat TNI di Langit Papua

Mantan panglima Komando Pertahanan Udara Nasional ini kembali menegaskan bahwa kegiatan angkutan sembako dan bahan bangunan di Hercules dengan nomor pesawat A-1334 ini merupakan permintaan dari pemerintah di Papua.

"Itu resmi dalam rangka membantu pembangunan di daerah," ujarnya.

Gara-gara Judi Online, Ratusan Prajurit Kopasgat TNI Dirazia Intel

Ia menambahkan bahwa pesawat TNI bisa saja sewaktu-waktu dikombinasikan untuk mengangkut keperluan logistik sipil, manakala ada permintaan resmi dari pemerintah.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara dengan nomor pesawat A-1334 jatuh di Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi, 18 Desember 2016. Pesawat yang membawa 12 kru pesawat dan 1 penumpang dinas ini sebelumnya dalam misi perjalanan dari Timika menuju Wamena. Semua kru dan penumpang dinyatakan tewas.

VIVA Militer: Ayahanda mantan Panglima TNI, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto wafat

Innalillahi, Orangtua Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto Tutup Usia

Almarhum Serka Tek (Purn) H. Bambang Sudarto meninggal dunia karena sakit

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022