Menteri PU: Ternyata Jembatan Cisomang Bergeser 57 Cm

Ilustrasi jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kementerian Perkerjaan Umum melaporkan telah terjadi pergeseran jembatan Cisomang yang beebrada di jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Pubaleunyi) tepatnya di Km 100+700, Kamis, 22 Desember 2016.

Viral! Jembatan Rusak di Kabupaten Sergai Makan Tumbal, Seorang Warga Tewas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono menjelaskan, setelah mendapat laporkan di lapangan ternyata jembatan tersebut pergeserannya lebih besar.

“Sebelumnya disebut 53 cm, kini informasi yang saya dapat pergeseran jembatan ternyata 57 cm di bagian atas, untuk bagian bawah bergeser 1,5 cm,” ujar Basuki di kantornya, Jumat, 23 Desember 2016.

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Longsor hingga Merusak Jembatan di Selatan Garut, Kata BPBD

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Arie Setiadi Moerwanto menambahkan, jika pergeserannya sudah cukup banyak maka jalan tersebut akan ditutup.

"Begitu sampai 85 centimeter (pergeseran), maka kendaraan kita stop. Kita akan pantau pergerakan tanah nanti," kata Arie di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Desember 2016.

Jembatan Gantung Rawayan di Tasikmalaya Amblas, Warga di Tiga Dusun Terisolasi

Untuk itu, demi menjaga keselamatan, semua kendaraan berat atau pun pengangkut kendaraan bahan pokok agar memintas di jalur lain.

"Awalnya, kendaraan berat mengangkut bahan pokok secara umum masih diizinkan tapi karena kondisi ini kita larang semua," ujar Arie.

Arie menambahkan, penyebab pergerakan tersebut terjadi dari kaki pilar. Menurutnya, karena tinggi jembatan itu mencapai 40 meter, maka pergeseran sedikit pun akan menjadi besar. “Penanganan jembatan ini sudah ditangani oleh pihak yang berkompeten,” ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya