Tiga Anggota Den Zipur Tewas Tertimbun Longsor di Bali

Ilustrasi karangan bunga
Sumber :

VIVA.co.id – Tiga personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) tewas tertimbun longsor di Kabupaten Buleleng, Bali. Tiga TNI itu dari kesatuan Batalyon Xeni Tempur Kodam IX/Udayana. Komandan Korem 163/Wira Satya, Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa membenarkan peristiwa yang terjadi sore tadi itu. Menurutnya, saat itu ketiga korban bersama empat rekan lainnya tengah gotong royong melakukan penggalian tanah di Pancasari, Desa Dasong, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Usai istirahat siang, tujuh personel TNI itu kembali melanjutkan tugasnya. Sekitar pukul 15.30 WITA, tanah amblas dan menimpa ketujuh personel tersebut. Empat personel TNI atas nama Prada Lingga, Prada Komang Budiarta, Prada Ilham dan Prada Deden berhasil menyelamatkan diri dari longsoran material tanah. Nahas, ketiga rekan mereka tak bisa menyelamatkan diri. Mereka adalah Prada Risman, Prada Begi Susanto dan Prada Singgih Heri Prayogi.

Dibantu warga mereka kemudian melakukan penggalian untuk menyelamatkan ketiga rekan mereka yang tertimbun longsor. Pukul 16.00 WITA ketiganya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Ketiga jasad korban kemudian dievakuasi ke RSAD Denpasar untuk penanganan lebih lanjut.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Menurut Cantiasa, musibah tiba tak bisa diprediksi. "Kita ketahui bahwa beberapa hari belakangan cuaca kurang mendukung, sehingga terjadi banyak bencana mulai banjir hingga tanah longsor. Saat anggota tengah gotong royong membantu masyarakat tanah labil dan terjadi longsor," kata dia, Kamis malam, 29 Desember 2016.

Ia mengucapkan bela sungkawa kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Ketiganya pergi dengan tugas membantu masyarakat.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

"Kita sebagai TNI, ketika masyarakat meminta tolong, maka kita harus menjadi solusi atas masalah tersebut," ujar dia.

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024