Malam Tahun Baru, Kawasan Malioboro Digelar 'Car Free Night'

Ilustrasi-Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Setiap pergantian tahun, kawasan Malioboro dijadikan tempat favorit untuk merayakan pergantian tahun. Aparat kepolisian memastikan saat pergantian tahun 2016 ke 2017, jalan di Malioboro akan ditutup mulai pukul 17.00 WIB.

Hari Ini Uji Coba Kawasan Semi Pedestrian di Jalan Malioboro

Kapolda DIY,  Brigjen Ahmad Dofiri, mengatakan, pada malam jelang pergantian tahun, Jalan Malioboro akan dijadikan kawasan bebas kendaraan hingga dini hari.

"Sebagai ikon Yogyakarta ini ditutup mulai pukul 17.00 WIB dan akan dijadikan car free night," kata Dofiri, Jumat 30 Desember 2016.

Empat Tempat Paling Diincar Wisatawan di Malioboro

Atas penutupan tersebut, kapolda meminta masyarakat yang akan menghabiskan malam tahun baru agar memperhatikan kondisi tersebut. Petugas kepolisian juga siap untuk pengalihan arus lalu-lintas.

"Arus lalu-lintas akan kami arahkan keluar dari kawasan Malioboro agar tidak terjadi antrean panjang dan macet," tuturnya.

Penutupan Warung Lesehan di Malioboro Jadi 'Shock Therapy'

Selain pengamanan di pusat Kota Yogyakarta itu, Polda DIY juga akan mengamankan 41 gereja yang tersebar di sekitar kota Gudeg itu. "Ada 41 gereja yang masuk kategori rawan dan itu akan menjadi prioritas pengamanan. Apalagi saat pergantian tahun ada kegiatan misa dan juga kebaktian oleh umat Kristiani," ujar Dofiri.

Catatan Polda DIY, ke-41 gereja yang menjadi fokus pengamanan karena tergolong rawan terdiri atas tujuh gereja di Kota Yogya. Lalu, di Bantul dan Gunungkidul masing-masing lima gereja, kemudian Kulonprogo enam gereja serta terbanyak di Kabupaten Sleman ada 16 gereja.

"Sisanya gereja-gereja lain. Jadi semua gereja disterilisasi sebelum melaksanakan kebaktian. Nanti diturunkan personel Brimob dan Jibom dalam sterilisasi tersebut," ungkapnya.

Menurut jenderal bintang satu itu, selain gereja, fokus pengamanan tahun baru juga dilakukan terhadap kegiatan pariwisata di DIY. Apalagi, di DIY cukup banyak lokasi yang menjadi destinasi wisatawan untuk menghabiskan pergantian tahun.

"Salah satu titik utama pengamanan kami yakni di kawasan Jalan Malioboro yang diprediksi banyak peningkatan massa saat pergantian tahun nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Kasubden Jibom Satuan Brimob Polda DIY, AKP Suripto, akan menurunkan 18 personel untuk menyeterilkan gereja yang dijadikan tempat perayaan kebaktian di malam pergantian tahun.

"Seperti saat Natal, kami siapkan kekuatan penuh dan sesuai dengan protap yang berlaku dalam sterilisasi gereja saat tahun baru nanti," tutur Suripto

Pergantian tahun di kawasan Malioboro akan dimeriahkan acara wayang kulit dengan dalang Ki Gondo Suharno. Sementara itu, di titik nol akan dilaksanakan parade musik dan gelar budaya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Bambang Legowo, mengatakan, setiap objek wisata khususnya pantai akan digelar berbagai hiburan mulai dari pentas musik hingga pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.

"Harapan kami masyarakat akan berbondong-bondong merayakan tahun baru di objek wisata pantai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya