Pangdam Siliwangi Beberkan Materi Latihan Bareng FPI dan TNI

Latihan bersama FPI dan TNI di Lebak Banten, Kamis (5/1/2017).
Sumber :
  • Yandi Deslatama/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pandam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra, membeberkan isi materi pelatihan Bela Negara yang melibatkan Kodim Lebak dengan Front Pembela Islam (FPI). Menurut Herindra, materi latihan tak hanya berisi pelatihan fisik semata.

Jenderal TNI Lulusan CORO Jadi Kasad Pertama

Latihan bersama yang melibatkan Kodim Lebak dengan FPI ini memang sempat menjadi perhatian. Bahkan kejadian ini berujung dengan pencopotan Letkol Czi Ubaidillah selaku Komandan Daerah Militer (Dandim) 06/03 Lebak, Banten.

"Materi bela negara, wawasan kebangsaan, dan Pancasila," kata Herindra, saat ditemui di Makorem 0604/Maulana Yusuf, Kota Serang, Senin 9 Januari 2017.

Kisah Serka Sutikno Dinaikan Pangkatnya Oleh Jenderal Gatot

Pangdam Siliwangi menceritakan bahwa lokasi pelatihan bela negara yang dilakukan FPI bersama TNI berada di salah satu pondok pesantren. Namun pihaknya enggan menjelaskan lebih lanjut. "Iya betul (dilakukan di pesantren). Kalau itu nanti biar kepolisian yang menjelaskan (ada anggota FPI di pesantren)," tegasnya.

Sebelumnya sempat diberitakan pada Kamis, 5 Januari 2017, FPI bersama Dandim 0603 Lebak melakukan latihan pendahuluan bela negara di wilayah Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Dandim sendiri dicopot setelah dianggap tak melakukan koordinasi dan izin terlebih dahulu.

Panglima TNI Ingatkan Pentingnya Ketahanan Nasional
VIVA Militer: Pasukan Korps Marinir dan Denjaka TNI Angkatan Laut

Jenderal SAS Inggris Mengaku Kapok Perangi TNI dan Rakyat Indonesia

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Inggris tahu pihaknya mengalami kekalahan dalam Pertempuran Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2021