7,9 Juta Kertas Suara di Pilkada Banten Mulai Dicetak

Periksa kertas suara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Sebanyak 7,9 juta kertas suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017 mulai dicetak hari ini, Rabu, 11 Januari 2017. Proses pencetakan ini diharapkan selesai pada 23 Januari mendatang.

KPU Baru Tetapkan Dua Pemenang Pilkada di Banten

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, Agus Supriyatna, mengaku akan memantau proses pencetakan yang dilakukan PT Dian Rakyat, selaku pemenang lelang kertas suara Pilkada Banten 2017 melalui e-Katalog.
 
"Mereka sanggup mencetak 800 ribu lembar surat suara per harinya," kata Agus Supriyatna di KPU Banten, Rabu, 11 Januari 2017.

Untuk mencegah terjadinya keterlambatan pendistribusian surat suara ke masing-masing KPU kabupaten dan kota, Agus menuturkan, pemenang tender percetakan akan langsung menyebarkan secara berkala setiap kali pencetakan kertas suara selesai dicetak.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Kemudian tanggal 14-23 Januari akan didistribusikan ke kabupaten kota, pertama di Tangerang. Kemudian akan disortir dan dilipat oleh petugas di kabupaten kota," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Banten yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017 berjumlah 7.734.485 orang. Sedangkan warga Banten yang berhak memilih namun belum memiliki KTP elektronik berjumlah 88.599 orang, yang akan menggunakan hak suaranya di 16.640 TPS.

Disebut Mau Ikut Pilkada Lagi, Rano Karno: Saya Tegaskan Tidak

Pilgub Banten ini diikuti oleh dua pasangan calon, nomor urut satu adalah pasangan Wahidin Halim-Andhika Hazrumi yang diusung Partai Demokrat, Golkar, Hanura, Gerindra, PKS, PKB, PAN. Sedangkan nomor urut dua adalah calon incumbent, Rano Karno-Embay Mulya Syarief yang diusung PDIP, PPP dan Nasdem. (adi)

Ilustrasi rekapitulasi suara Pilpres 2024 di TPS

Antisipasi Ricuh, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dijaga Ketat Polisi

Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten resmi dimulai, setelah sebelumnya dilakukan perhitungan suara ditingkat PPK maupun kabupaten dan kota. Sebelum perh

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024